Struktur Organisasi

by Admin, Posted on: 04 Jul 2019, 08:08

URAIAN TUGAS PENANGGUNG JAWAB DALAM SOTK

UPTD PUSKESMAS KEPUNG KABUPATEN KEDIRI

 

  1. Kepala Puskesmas selaku Penanggung Jawab mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Pengkoordinir pelaksanaan tugas Penanggung jawab UKM Esensial dan Keperawatan Kesehatan Masyarakat, Penanggung jawab UKM Pengembangan, Penanggung jawab UKP Kefarmasian dan laboratorium, Penanggung jawab Jaringan  Pelayanan Puskesmas dan Jejaring Puskesmas, Penanggung jawab Bangunan, Prasarana dan Peralatan Puskesmas serta Penanggung jawab Mutu;
  2. Penyusunan program dan pelaporan pengelolaan sistem informasi, pemantauan dan evaluasi program;
  3. Pelaksanaan pembinaan, pengelolaan dan pengendalian administrasi umum, keuangan, sarana dan prasarana, ketenagaan, kerumahtanggaan dan kelembagaan;
  4. Pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, hubungan masyarakat, dokumentasi dan perpustakaan;
  5. Pelaksanaan analisis jabatan dan beban kerja;
  6. Mengesahkan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Surat Keputusan Kepala Puskesmas;
  7. Penyusunan profil Puskesmas;
  8. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan mutu Puskesmas.

 

  1. Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Koordinator tim manajemen puskesmas,  sistem informasi Puskesmas kepegawaian, rumah tangga dan keuangan;
  2. Melakukan urusan surat menyurat, pelaksanaan kearsipan dan ekspedisi, pengelolaan rumah tangga dan perlengkapan, pengelolaan aset, penyelenggaraan urusan perpustakaan serta pengelolaan urusan administrasi kepegawaian, pembinaan jabatan fungsional dan evaluasi kinerja pegawai;
  3. Melakukan pengelolaan dan penyiapan bahan pelaksanaan verikasi, penatausahaan dan penyiapan bahan pelaksanaan verifikasi, penatausahaan, perbendaharaan dan pembukuan keuangan, urusan akutansi dan pelaporan keuangan serta penyiapan bahan tanggapan pemeriksaan;
  4. Melakukan penyiapan bahan penyusunan program dan anggaran, pemantauan, pengelolaan sistem informasi, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan anggaran.

 

  1. Penanggung jawab UKM Esensial dan Keperawatan Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Pengkoordinir pelaksanaan kegiatan program atau pelayanan promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan keluarga yang bersifat UKM, gizi yang bersifat UKM, pencegahan dan pengedalian penyakit dan keperawatan kesehatan masyarakat;
  2. Pengkoordinir identifikasi masalah, analisis, prioritas masalah, membuat tindak lanjut dan mengevaluasi capaian target program ;
  3. Pendamping pelaksana program dalam menyiapkan dokumen program UKM esensial dan keperawatan kesehatan masyarakat;
  4. Pengkoordinir dalam pembuatan RUK program dan mendokumentasikan menjadi RUK UKM esensial dan keperawatan kesehatan masyarakat untuk diserahkan kepada Tim Manajemen Puskesmas;
  5. Melaporkan perkembangan pelaksaan kegiatan kepada Kepala Puskesmas.

 

  1. Penanggung jawab UKM Pengembangan mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Pengkoordinir pelaksanaan kegiatan program atau pelayanan kesehatan gigi masyarakat, kesehatan tradisional dan komplementer, kesehatan olah raga, kesehatan kerja dan lainnya;
  2. Pengkoordinir, identifikasi masalah, analisis, prioritas masalah, membuat tindak lanjut dan mengevaluasi capaian target program UKM Pengembangan ;
  3. Pendamping pelaksana program dalam menyiapkan dokumen program;
  4. Pengkoordinir dalam pembuatan RUK program dan mendokumentasikan menjadi RUK UKM pengembangan untuk diserahkan kepada Tim Manajemen Puskesmas;
  5. Melaporkan perkembangan pelaksaan kegiatan kepada Kepala Puskesmas.

 

  1. Penanggung jawab UKP, kefarmasian dan laboratorium mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Pengkoordinir pelaksanaan kegiatan pelayanan pemeriksaan umum, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan keluarga yang bersifat UKP, gawat darurat, gizi yang bersifat UKP, persalinan, kefarmasian dan laboratorium;
  2. Pengkoordinir dalam identifikasi masalah, analisis, prioritas masalah, membuat tindak lanjut dan mengevaluasi capaian target UKP, kefarmasian dan laboratorium ;
  3. Pendamping koordinator pelayanan dalam menyiapkan dokumentasi kegiatan;
  4. Pengkoordinir dalam pembuatan RUK pelayanan dan mendokumentasikan menjadi RUK UKP, kefarmasian dan laboratorium untuk diserahkan kepada Tim Manajemen Puskesmas;
  5. Melaporkan perkembangan pelaksaan kegiatan dan pelayanan kepada Kepala Puskesmas.

 

  1. Penanggung jawab Jaringan Pelayanan Puskesmas dan Jejaring Puskesmas mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Pengkoordinir pelaksanaan pelayanan di Puskemas Pembantu, Puskesmas Keliling, Praktek Bidan Desa, Bidan Praktek Mandiri, Perawat Praktek Mandiri, Dokter Praktek Mandiri dan Klinik;
  2. Pengkoordinir dalam identifikasi masalah, analisis, prioritas masalah, membuat tindak lanjut dan mengevaluasi pelayanan jejaring dan jaringan;
  3. Pengkoordinir dalam pembuatan MOU jejaring dan memastikan out put sesuai MOU yang disepakati;
  4. Pengkoordinir dalam pembuatan RUK pelayanan dan mendokumentasikan menjadi RUK jejaring dan jaringan untuk diserahkan kepada Tim Manajemen Puskesmas;
  5. Melaporkan perkembangan pelaksaan kegiatan dan pelayanan kepada Kepala Puskesmas.

 

  1. Penanggung jawab bangunan, prasarana dan Peralatan Puskesmas  mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Pengkoordinir pelaksanaan manajemen bangunan, prasarana dan peralatan Puskesmas;
  2. Pengkoordinir dalam identifikasi masalah, analisis, prioritas masalah, membuat tindak lanjut dan mengevaluasi pengadaan dan perawatan bangunan, prasarana dan peralatan Puskesmas;
  3. Pengkoordinir dalam pembuatan RUK bangunan, prasarana dan peralatan Puskesmas untuk diserahkan kepada Tim Manajemen Puskesmas;
  4. Melaporkan perkembangan pelaksaan kegiatan dan pelayanan kepada Kepala Puskesmas.

 

  1. Penanggung jawab Mutu  mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Pengkoordinir pelaksanaan manajemen mutu UKM, UKP dan Administrasi Manajemen Puskesmas;
  2. Pengkoordinir dalam identifikasi masalah, analisis, prioritas masalah, membuat tindak lanjut dan mengevaluasi manajemen mutu UKM, UKP dan Administrasi Manajemen Puskesmas;
  3. Pengkoordinir pelaksanaan kegiatan Tim Survei, Tim Manajemen Komplain, Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Tim Keselamatan Pasien Puskesmas;
  4. Pengkoordinir dalam identifikasi masalah, analisis, prioritas masalah, membuat tindak lanjut dan mengevaluasi mutu Puskesmas
  5. Pengkoordinir dalam Rapat Tinjauan Manajemen Puskesmas dan pembuatan laporan tim beserta RUK untuk diajukan ke Tim Manajemen Puskesmas;
  6. Melaporkan perkembangan pelaksaan kegiatan dan pelayanan kepada Kepala Puskesmas;
  1. Koordinator Pelayanan atau Program  mempunyai tugas dan fungsi :
  1. Pengkoordinir pelaksanaan kegiatan pelayanan dan program yang diemban sesuai dengan perencanaan dan instruksi dari Dinas Kesehatan;
  2. Melaksanakan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsinya baik pelayanan di dalam maupun di luar gedung Puskesmas;
  3. Melaksanakan identifikasi masalah, analisis, prioritas masalah, membuat tindak lanjut dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pelayanan dan program yang diemban;
  4. Mendokumentasikan kegiatan termasuk visualisasi data sesuai pelayanan atau program yang diemban; 
  5. Membuat rencana kerja bulanan dan RUK tahunan dilaporan ke Penanggung jawab untuk diajukan ke Tim Manajemen Puskesmas;

Melaporkan perkembangan pelaksaan kegiatan dan pelayanan kepada Penangung jawab.lorem ipsum sir amet dolor